Join The Community

Subscribe via Email
Premium WordPress Themes

Selasa, 20 April 2010

Peringatan Hari Bumi 2010


“Karena pohon adalah pendamping hidup yang sesungguhnya”

Kematian seperti apakah yang akan menjelang
Jika mentari sangat terik menyengat kulit
Sementara tiada tempat untuk bernaung
Mari...
Bersama kita galang kekuatan untuk kehidupan
Tanpa ketakutan akan polusi
Bersama rindang pepohonan
Dan jernih embun di atas bunga-bunga

Dilatar belakangi oleh menurunnya kualitas lingkungan hidup di Yogyakarta. Indikasi menurunnya kualitas lingkungan ini nampak dari semakin tingginya suhu, kadar CO, CO2 dan bahan beracun lainnya. Hal tersebut dipengaruhi semakin banyaknya gas buang kendaraan bermotor, juga karena kualitas dan kuantitas ruang terbuka hijau yang menurun.

Ruang terbuka hijau adalah lahan tidak terbangun yang tertutup oleh tumbuh-tumbuhan. Secara fisik adanya ruang terbuka hijau dapat berfungsi sebagai penyelaras kepadatan kota akan bangunan, meningkatkan kualitas lingkungan kota, sebagai media untuk mengendalikan pencemaran, dan media untuk peresapan air. Secara non-fisik, kegiatan masyarakat kota yang dinamis dan kompleks menimbulkan dampak psikologis seperti kejenuhan, adanya ruang terbuka hijau bisa mengurangi kejenuhan penduduk kota dalam
kedinamisan kota itu sendiri. Selain itu, secara langsung atau tidak langsung tersedianya ruang terbuka hijau dapat memberikan kontribusi kesehatan bagi penduduk kota maupun kota sendiri.

Pohon sebagai elemen utama ruang terbuka hijau memberi kontribusi yang sangat banyak dalam mendukung fungsi ruang terbuka hijau. Semakin banyak pohon yang tumbuh dan tersebar, bumi kita satu-satunya ini akan tetap menjadi tempat tinggal yang sempurna bagi
kehidupan makhluk hidup. AKU CINTA POHON merupakan sebuah kepedulian dan upaya menggerakkan komponen swadaya masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan Yogyakarta yang lebih baik.
Maksud dan tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah menanamkan kesadaran masyarakat Yogyakarta akan arti pentingnya pohon bagi kehidupan dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap pohon, sehingga diharapkan masyarakat Yogyakarta pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya mulai melakukan aksi nyata untuk menjaga kelangsungan kehidupan di bumi dengan menanam,memelihara, dan menjaga pohon. Dengan hanya satu orang menanam satu pohon, bisa dibayangkan berapa banyak pohon yang akan tumbuh, mendampingi serta menunjang kehidupan keseharian kita.

Sasaran yang dituju adalah masyarakat Yogyakarta pada khususnya dan masyarakat luas . Gerakan Kampanye Lingkungan Memperingati Hari Bumi Dengan Mengajak Masyarakat Untuk Melakukan Aksi Nyata Dalam Mewujudkan Lingkungan Hidup Yang Lebih Baik, Di Bumi Pada Umumnya dan Yogyakarta Pada Khususnya.

Adapun Rangkaian tersebut adalah :

Pemanjatan pohon
waktu : 08.00-15.00
tempat : Pohon randu Alas depan Museum Affandi

Pembagian Bibit
waktu : 08.00- selesai
tempat : Lampu Merah samping museum (jalan Solo)

Stempel Aksi "Aku Cinta Pohon"
waktu : 08.00
tempat : Lampu Merah

Eksebisi dan pameran Lukisan
waktu : 08.00-16.00
tempat : Museum Affandi

Semoga kawan-kawan semua dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini.......
Salam Lestari....... "Aku Cinta Pohon"
CP: 085643688001 (Boe)


1 komentar:

wah ini kegiatan positif, lanjutan pergerakan seperti ini... Bumi butuh perhatian kita semua, kalu bukan kita trus siapa, masak para jin dan lelembut..... hahahahahahaha..

Posting Komentar