Join The Community

Subscribe via Email
Premium WordPress Themes

Minggu, 11 April 2010

Sekilas tentang Tree Climbing Yogyakarta (TCY)


Tree Climbing merupakan kegiatan pemanjatan pohon menggunakan teknik tertentu dengan memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, baik bagi pemanjat, pohon yang dipanjat, maupun lingkungan sekitar pemanjatan. Kegiatan ini dilakukan untuk berbagai tujuan, hanya sekedar hobi dan olahraga ataupun untuk kepentingan riset dan penelitian.
Tree Climbing Yogyakarta (TCY) merupakan sebuah komunitas yang lahir sebagai salah satu bentuk keprihatinan atas semakin berkurangnya kawasan ruang terbuka hijau khususnya di kawasan perkotaan. Pembangunan sarana fisik yang tidak memperhatikan keseimbangan ekologi seringkali tidak menyisakan ruang bagi tumbuhnya pohon. Melihat kondisi tersebut, komunitas ini mencoba untuk meningkatkan kecintaan mereka beserta khalayak umum terhadap pohon melalui aksi sederhana namun nyata, salah satunya yaitu dengan menjadikan pohon sebagai tempat bermain mereka. Dengan begitu, komunitas ini dapat merasakan secara langsung manfaat keberadaan pohon, harapannya hal ini mampu meningkatkan kepedulian mereka dan khalayak umum terhadap kelestarian pohon dan ruang terbuka hijau.
TCY memiliki team pemanjatan dengan peralatan dan teknik yang mengutamakan safety first. Semboyan "Aku Cinta Pohon" menjadi ruh dalam setiap kegiatan.Tanam Pelihara dan Jaga menjadi wujud nyata semboyan tersebut. TCY terbuka bagi semua kalangan.


2 komentar:

Posting Komentar